Tuesday, 12 Dec 2017
 
 
WALIKOTA SUKABUMI AKAN MENCARI PEJABAT GUNA MENJABAT PLT SEKRETARIS DAÉRAH KOTA SUKABUMI PDF Print E-mail
Written by Administrator   
Thursday, 30 November 2017 10:49

WALIKOTA SUKABUMI AKAN MENCARI PEJABAT GUNA MENJABAT PLT SEKRETARIS DAÉRAH KOTA SUKABUMI

Juanda, (Humas Setwan).-Walikota Sukabumi, H. Mohamad Muraz, S.H., M.M, tengah mencari  figur Pejabat Ěsélon II atau setingkat Pejabat Ěsélon II di lingkungan Pemarintah Kota Sukabumi, untuk menjabat PLT (Palaksana Tugas) Sekretaris Daérah Kota Sukabumi. Sebagaimana diketahui, Sekretaris Daérah Kota Sukabumi, Dr. H.M.N. Hanafie Zain, M.Si., menurut rencana dari tanggal 1 Désémber 2017 ini, akan melepas jabatannya, sebab sudah masuk masa pensiun.

 

 

Namun walaupun masa  jabatan Sekretaris Daérah Kota Sukabumi dalam waktu dekat ini akan berakhir, namun sampai saat ini, Walikota Sukabumi tidak ada niat mencari figur Pejabat Ěsélon II atau setingkat Pejabat Ěsélon II di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, untuk dijadikan Calon Sekretaris Daérah Kota Sukabumi yang baru. Sebab untuk bisa menentukan figur Pejabat tersebut, Walikota Sukabumi akan menyerahkan kewenangan sepenuhnya kepada Kepala Daérah Kota Sukabumi periode tahun 2018-2023, hasil Pilkada (Pamilihan Kapala Daérah), yang akan dilaksanakan dalam bulan Juli 2018 yang akan datang.

Sedangkan untuk mengisi kekosongan jabatan tersebut, Walikota Sukabumi dalam waktu dekat ini sedang melaksanakan kajian sekaligus mencari figur Pejabat Ěsélon II atau setingkat Pejabat Ěsélon II di lingkungan Pemerintah Kota Sukabumi, guna menjabat PLT Sekretaris Daérah Kota Sukabumi. Walikota Sukabumi menjelaskan, untuk memilih dan menentukan PLT Sekretaris Daérah Kota Sukabumi tersebut, ada beberapa persyaratan yang harus dicumponan, sejalan dengan aturan ketentuan perundang-undangan yang telah ditetapkan, disamping persyaratan administratif seperti kepangkatan, juga kinerja dan prestasinya selama memangku Jabatan Ěsélon II atau setingkat Jabatan Ěsélon II harus baik.

“Dumasar kana data nu aya di Pamaréntah Kota Sukabumi, Pajabat Ěsélon II atawa satingkat Pajabat Ěsélon II di lingkungan Pamaréntah Kota Sukabumi anu ngabogaan pasaratan administratif kaasup kinerja jeung prestasina anu hadé téh kawilang réa, sarta ngabogaan poténsi jadi PLT Sekertaris Daérah Kota Sukabumi. Tah kulantaran kitu, pasaingan pikeun jadi PLT Sekertaris Daérah Kota Sukabumi téh baris lumangsung kékép, hususna dina prosés pamilihan jeung pangangkatanana,” kata Walikota Sukabumi dalam bahasa sunda. Pemerintah Kota Sukabumi bisa melaksanakan pemilihan dan pengangkatan PLT Sekretaris Daérah Kota Sukabumi, tanpa harus ada persetujuan dari Gubernur Jawa Barat.

Leuwih jauh Walikota Sukabumi menerangkan, dimulai masa mendekati dalam  pelaksanaan Pilkada, Pemerintah Kota Sukabumi tidak punya wewenang untuk mengangkat pejabat di seluruh posisi strategis, termasuk mengangkat Kepala Sekolah. Seandainya dalam keadaan terpaksa juga harus mengangkat atau mengganti pejabat termasuk Kepala Sekolah, katanya, harus melalui Kementrian Dalam Negeri, sebab saat ini sudah masuk tahapan Pilkada, serta Kepala Daérah tidak bisa seenaknyaa mengangkat atau  mengganti pejabat di sala satu unit kerja, termasuk Kepala Sekolah.

Dalam pada itu, Anggota Bapemperda DPRD Kota Sukabumi, Gagan Rahman Suparman, yang juga Ketua Komisi III, menyatakan setuju dengan kriteria yang diterapkan Walikota Sukabumi. Karena  seperti ditegaskannya Sekda itu merupakan mesinnya” Pemerintah Daerah  sehingga memang seorang Sekda itu juga harus jujur, dan mengerti akan tata kelola Pemerintah. (B/Bay/Mz/oge)